Kesehatan Usus, Kunci Kurangi Risiko Diabetes Tipe 1 pada Anak

Rabu, 05 Desember 2018 - 09:38 WIB
Kesehatan Usus, Kunci Kurangi Risiko Diabetes Tipe 1 pada Anak
Kesehatan Usus, Kunci Kurangi Risiko Diabetes Tipe 1 pada Anak
A A A
JAKARTA - Salah satu kunci untuk mengurangi risiko diabetes tipe 1 mungkin terkait dengan kesehatan sistem usus anak. Sebuah studi baru-baru ini membandingkan mikrobiota usus pada 15 anak-anak dengan diabetes tipe 1, 13 anak-anak tanpa diabetes serta 15 anak-anak dengan diabetes onset usia lanjut dari 2 muda (MODY2) mengungkapkan perbedaan yang signifikan.

"Diabetes tipe 1 dikaitkan dengan keragaman mikrobiota yang jauh lebih rendah," papar studi yang diterbitkan dalam Diabetes Care Journal seperti dilansir dari Healthline.

Para peneliti mengatakan anak-anak dengan diabetes tipe 1 juga memiliki tingkat sitokin proinflamasi dan lipopolisakarida yang lebih tinggi. Peradangan merupakan kontributor yang diketahui untuk timbulnya penyakit autoimun serta untuk perkembangan komplikasi terkait diabetes. Studi ini juga menemukan bahwa anak-anak dengan diabetes tipe 1 dan kelompok anak-anak dengan MODY2 mengalami peningkatan permeabilitas usus yang pada dasarnya adalah sindrom usus bocor.

"Hal ini tampaknya lebih sering terjadi pada orang-orang yang lebih rentan terhadap potensi disfungsi autoimun," kata Jennifer Smith, ahli diabetes dan diabetes didik yang terdaftar dengan Pelayanan Diabetes Terpadu.

"Jika mereka memiliki faktor lingkungan - dalam hal ini, diet - jika ada jenis peradangan makanan yang menyebabkan iritasi di dalam lapisan usus, itu memungkinkan untuk keluar dari sistem pencernaan dan masuk ke dalam tubuh kita, daripada biasanya bergerak melalui sistem pencernaan Anda," tambahnya.

Smith, salah satu penulis buku Kehamilan dengan Diabetes Tipe 1 itu menjelaskan bahwa iritasi dan alergen dari usus beredar di dalam tubuh. Alergen merupakan sejenis antigen yang memicu respons yang sangat agresif dari sistem kekebalan tubuh ketika ia merasakan alergen sebagai ancaman bahkan jika itu sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh.

Ketika iritan dan alergen yang dihasilkan dari diet (gluten misalnya) muncul secara reguler, ini dapat menyebabkan respon autoimun seperti diabetes tipe 1 atau penyakit celiac. Smith mengatakan dia melihat penelitian serupa yang disajikan dalam kaitannya dengan penyakit celiac dan diabetes tipe 1. Penelitian ini menunjukkan peningkatan yang konsisten dari bakteri tertentu dan penurunan bakteri lain untuk orang-orang dengan penyakit ini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3715 seconds (0.1#10.140)